Sabtu, 04 Juli 2020

Materi Matematika Pembelajaran 2 Sub 1 ( Keberagaman Budaya ) Tema 1 Kelas 4 SD/MI


Luqman Hakim – Hai Bapak Ibu Guru Hebat !
Apa kabar ? semoga selalu sehat ya, agar tetap bisa mendidik generasi bangsa menjadi generai yang milenial.
Materi Matematika Pembelajaran 2 Sub 1 ( Keberagaman Budaya ) Tema 1 Kelas 4 SD/MI
Materi Matematika Pembelajaran 2 Sub 1 ( Keberagaman Budaya ) Tema 1 Kelas 4 SD/MI

Kambali lagi di blog saya, kali ini saya akan membahas pembelajaran ke 2 dalam sub tema 1 ( Keberagaman Budaya ) pada tema 1 k13 revisi 2017 kelas 4 SD/MI. Pada pembelajaran 2 kali ini fokus pembelajarannya adalah pada Matematika, PPKn, dan SBdP.

Berikut Kompetensi Dasarnya :
Matematika
3.8 Menganalisis sifat-sifat segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan.
SBdP
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.
PPKn
3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.


Kemudian berikut tujuan pembelajaran kita ya.
  • Setelah mengamati berbagai bentuk bangun datar, siswa mampu menyebutkan contoh-contoh segi banyak di sekitar dengan benar.
  • Setelah bereksplorasi, siswa mampu menuliskan konsep segi banyak dalam bentuk diagram frayer (contoh, bukan contoh, ciri-ciri, dan definisi) dengan benar.
  • Setelah mengamati, siswa nanti diharapkan bisa dan tahu mengidentifikasi gerakan dasar tari Bungong Jeumpa dengan posisi tubuh berdiri dengan benar.
  • Setelah melihat contoh, siswa mencoba mempraktikkan dasar-dasar gerakan tari Bungong Jeumpa (posisi tubuh berdiri) diiringi hitungan dengan benar.
  • Setelah mencari informasi, siswa nanti diharapkan mampu mempresentasi keberagaman yang ada di Indonesia.
  • Setelah membaca, siswa mampu menemukan menjelaskan makna pesatuan dan kesatuan dalam keberagaman.

Ok kita langsung masuk ke dalam materi ya !

MATERI MATEMATIKA

Dalam materi matematika kali ini kita akan belajar mengenai segi banyak.
Apa sih segi banyak itu ? segi banyak adalah kurva atau bangun yang tertutup yang dibatasi oleh garis.
Yu coba perhatika gambar berikut.


Gambar diatas kenapa bisa dikatakan segi banyak ? Karena bangun datar tersebut tertutup dan semua sisinya di bentuk oleh garis, kemudian memiliki sudut setidaknya ada 3 sudut dan sisi.


Nah dan kenapa kalau gambar diatas ini bukan segi banyak ? Karena bangun datar tersebut tidak tertutup semua atau ada sisi yang terbuka, walaupun memiliki sudut.
Kemudian kenapa lingkaran kok bukan segi banyak juga ? Karena lingkaran bukan terbentuk oleh garis lurus, melainkan lingkaran terbentuk oleh kurva lengkung.

Berikut contoh-contoh segi banyak dan bukan segi banyak :
Segi banyak : segitiga, persegi, persegi panjang, jajar genjang, belah ketupat dan lain-lain.
Bukan segi banyak : lingkaran, oval, setengah lingkaran, bulat sabit dan lain sebagainya

Sampai disini sudah pahamkan ya ? yuk sekarang coba kalian amati lingkungan sekitar dan tulis contoh benda yang berbentuk segi banyak dan bukan segi banyak.
Tuliskan hasil pengamatan kalian kedalam tabel berikut (masing-masing minimal 3 ya )


Tahukah kamu bahwa sarang lebah juga terdiri atas segi banyak ? Sungguh menakjubkan bahwa Tuhan menciptakan sarang lebah yang tersusun dari sekumpulan bentuk segi enam. Ahli matematika telah meneliti ternyata bentuk segi enam adalah bentuk geometris yang paling sesuai untuk diterapka pada setiap bagian secara maksimum. Seandainya sarang lebah dibangun dengan bentuk lain, akan banyak bagian yang tidak terpakai. Madu yang dapat disimpan akan lebih sedikit dan lebih sedikit pula lebah yang mendapat manfaatnya.

Setelah kamu belajar tentang segi banyak, kini saatnya kamu mengisi diagram berikut.


Ayo kita lanjut ke materi selanjutnya ...

Terimakasih telah mengunjungi blog ini. Semoga bermanfaat !

Baca juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU 2022 SDN 1 SUMBER HARUM

  PPDB 2022   – Menimbang bahwa dalam rangka mendukung pelaksanaan proses pembelajaran yang bermutu dalam meningkatkan kemampuan dan penguas...