Kamis, 23 Juli 2020

Cara Menulis Pecahan Kelas 4 SD/MI

LUKMAN HAKIM - Assalamualaikum selamat datang dan berjumpa lagi para pengunjung yang luar biasa di blog saya, kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara menulis pecahan. Materi ini adalah penjabaran dari Buku Matematika K13 Kelas 4 SD/MI.
Matematika Kelas 4 SD

Sebelum masuk dalam materi, mari simak kisah seorang tokoh yang menggunakan simbol dalam penulisan persamaan notasi pecahan, yaitu Al-Qalasadi.
Al-Qalasadi adalah orang yang menggunakan simbol-simbol dalam penulisan persamaan notasi pecahan. Salah satu unsur penting dalam ilmu matematika adalah pecahan (fractions). Pembilangnya disebut bast, sedang penyebutnya disebut imam (Talkhis, Kashf al-Jilbab). Al-Qalasadi meletakkan pembilang di atas penyebut dan memisahkan keduanya dengan sebuah garis horizontal danmenggunakan pernyataan "ala ma'sihi" yang berarti "tempatkan di atasnya" dan "mafawk al-khatt" yang berarti "yang ada di atas garis".

Bilangan pecahan banyak dipergunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Seperti, satu buah apel dari sepuluh apel dalam satu keranjang dan satu coklat utuh yang dibagi menjadi sepuluh bagian yang sama. Contoh pertama menunjukkan konsep pecahan diartikan sebagai satu bagian yang sama. Contoh kedua menunjukkan konsep pecahan diartikan sebagai satu bagian dari satu u
nit tertentu. Agar dapat memahami konsep pecahan dengan baik, ayo ingat kembali materi tentang bilangan asli, bilangan cacah, dan operasinya.

Untuk suatu bilangan pecahan a/b (a per b ) dengan b tidak sama dengan 0 maka

1. Jika a<b, maka a/b ( a per b) disebut pecahan murni. Contoh ¼ .
2. Jika a>b, maka a/b (a per b) disebut pecahan tidak murni. Contoh 4/1.
Ingat ketika menyebutkan suatu bilangan pecahan, diatas pembilang dan penyebut harus disisipkan kata "per". Misalkan ¼, disebut dengan "satu per empat" atau "seperempat".

Ada 5 tahapan yang harus kalian lakukan untuk memahami bilangan pecahan meliputi pecahan senilai, menyederhanakan pecahan dan membandingkan pecahan. Kelima langkah tersebut adalah mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan.


Baca Juga :


Ayo amati gambar berikut ini
Gambar 1. Buku, 2. Apel, 3. Tongkat


Dengan melihat gambar diatas, coba kalian jawab pertanyaan berikut ini.

Pada gambar 1 berapa bagian buku berwarna kuning dari seluruh buku ?
Pada gambar 2 berapa bagian tongkat yang di cat warna merah ?
Pada gambar 3 berapa bagian buah apel yang dimakan ?
Pertanyaan-pertanyaan di atas dapat dijawab menggunakan bilangan pecahan. Perhatikan gambar berikut.
Pengamatan Gambar 1 Terdapat 10 buku dengan warna yang berbeda, 2 buku berwarna kuning dan 8 buku berwarna abu-abu, sedangkan total buku seluruhnya10 buku. Pecahan untuk menyatakan bagian dari buku kuning dari seluruh buku adalah 2 dari 10 bagian. Pernyataan pecahan tersebut dapat ditulis 2/10.
Pengamatan Gambar 2 Warna cat pada tongkat ada dua warna yang berbeda dengan bagian yang sama besar. Bagian pertama berwarna merah sedangkan bagian kedua berwarna putih. Pecahan yang menyatakan bagian tongkat yang berwarna merah adalah 1 dari 2 bagian. Pernyataan pecahan tersebut dapat ditulis ½ .
Pengamatan Gambar 3 Jika 1 bagian buah sudah dimakan, maka tersisa 3 bagian. Pecahan untuk menyatakan sisa buah apel yang belum dimakan adalah 3 dari 4 bagian sama besar. Pernyataan pecahan tersebut dapat ditulis ¾ .

Setelah mengetahui bagaimana cara menulis pecahan diatas, lalu apakah kalian tahu manakah yang pembilang dan manakah yang penyebut ?
Sesuai dengan pernyataan seorang tokoh tadi bahwasannya pembilang berada di atas garis dan penyebut di bawah garis.
Misalkan pecahan ¾  maka pembilang adalah 3 dan penyebut adalah 4.

Perhatikan contoh-contoh dalam gambar berikut :
Contoh

Berikut saya sertakan juga penjalasan dalam versi videonya, silahkan kalian tonton di bawah ini.


Jika dirasa videonya bermanfaat, jangan lupa LCS ya ( Like, Coment dan Subscribe ) hehe.
Nah sampai di sini dula ya perjumpaan kita kali ini. Semoga bermanfaat bagi semuanya.
Terimakash telah berkunjung pada blog saya ini.

Wassalamualaikum wr wb


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU 2022 SDN 1 SUMBER HARUM

  PPDB 2022   – Menimbang bahwa dalam rangka mendukung pelaksanaan proses pembelajaran yang bermutu dalam meningkatkan kemampuan dan penguas...