![]() |
RRP Daring Kelas 6 SD/MI |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Sesuai Edaran Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : .............................................
Kelas
/ Semester : 6 /1
Tema : Selamatkan Makhluk
Hidup (Tema 1)
Sub
Tema : Tumbuhan Sahabatku (Sub Tema 1)
Muatan
Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, IPS
Pembelajaran
ke : 1
Alokasi
waktu : 1 hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan dipandu melalui WA siswa mampu menemukan ide pokok dan informasi penting serta menyajikannya
dalam bentuk diagram.
2.
Dengan dipandu melalui WA, siswa mampu mengidentifikasi perkembangbiakan generatif melalui gambar
yang dibuatnya dan manfaatnya dengan benar.
3.
Setelah membaca teks tentang ASEAN dan kehidupan sosial budayanya, siswa
mampu menyebutkan kehidupan sosial budaya dari dua negara ASEAN terkait kondisi
geografisnya dengan benar.
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan tentang perbedaan sosial budaya dari dua negara
terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKAAN
1. Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan Membaca Doa dipandu melalui Group Whats Apps, (Orientasi)
2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
KEGIATAN INTI
Ø Siswa mengamati gambar bagian-bagian
reproduksi pada bunga dan membaca proses perkembangbiakan generatif.
Ø Siswa mengamati proses perkembangbiakan
generatif dan manfaat dari perkembangbiakan generatif.
Ø Siswa mengamati bagian–bagian bunga
sempurna
Ø Siswa mencari informasi dari
berbagai sumber mengenai proses perkembangbiakan generatif tumbuhan.
Ø Siswa kemudian menulis manfaat dari
perkembangbiakan generatif dan menyerahkannya kepada guru.
Ø Setelah siswa membaca teks tentang
bunga yang hidup di negara ASEAN, guru dan siswa membahasnya sebentar. Kemudian siswa membaca fakta tentang ASEAN.
Guru memberi waktu sekitar tiga menit.
Ø Dalam kelompoknya, setiap siswa
diminta untuk menyampaikan kondisi geografis negara ASEAN dan kehidupan sosial
budayanya. Siswa kemudian diminta untuk menyampaikan bunga yang menjadi bunga
nasional di negara ASEAN.
Ø Guru memberikan penguatan tentang
kehidupan sosial budaya negara ASEAN.
Ø Guru meminta siswa memilih dua
negara ASEAN yang mereka minati untuk ditulis. Guru menyampaikan bahwa setelah
mereka belajar tentang negara ASEAN, semua siswa harus menulis informasi
tentang kedua negara tersebut secara lengkap.
Mereka akan mencari informasi secara bertahap.
Ø Pada pertemuan ini siswa hanya membandingkan kehidupan sosial budaya dari dua negara. Mereka dapat memasukkan informasi tentang bunga di dalam diagram Venn (nama bunga, nama sebutan bunga, kapan dimanfaatkan, di mana tumbuh, dll). (Creativity and Innovation
PENUTUP
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
PENILAIAN
1. Penilaian Sikap : Sopan Santun Selama Pembelajaran dalam Grup
2. Penilaian Pengetahuan : Penugasan Daring
3. Penilaian Keterampilan : Penugasan Dikirim dalam Bentuk Video
Mengetahui ..................................., ..... Juli 2020
Kepala Sekolah Wali Kelas 6
............................. ................................
NIP . ................... NIP. ...............
![]() |
Terimakasih telah mengunjungi blog saya, semoga apa yang saya bagikan bermanfaat bagi bapak/ibu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar